Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kunci Kontak Scoopy Tertinggal di Bawah Jok, Begini Cara Mengambilnya

Kunci motor.
Sumber :

100kpj – Setelah memarkir sepeda motor, sang pemilik biasanya suka terburu-buru dan kehilangan fokus. Maka, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, kunci masih tersangkut di slot kontak. Kedua, kunci tak sengaja ditaruh ke bagasi, dan terperangkap di dalamnya.

Khusus untuk kasus kedua, biasanya terjadi karena kurang fokus. Meski kemungkinannya kecil, namun hal tersebut masih sering terjadi. Tak jarang peristiwa itu menimbulkan kepanikan hebat di benak pemiliknya. Terutama bagi mereka yang letak rumahnya jauh dari lokasi parkir sepeda motor.

Namun, jika motor Anda Honda Scoopy, dan mengalami kesialan serupa, jangan dulu panik. Sebab, ada cara cepat mengambil kunci kontak yang tertinggal di bawah jok. Satu-satunya alat yang perlu disiapkan hanyalah obeng kembang.

Menurut video Arsyada Channel di laman berbagi YouTube, seperti dikutip Jumat 28 Juni 2019, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka cover headlamp. Kerjakan dengan hati-hati, sebab di bagian itu banyak sekali kabel yang terpasang menyilang dan sedikit kusut.

Setelahnya, lepas soket yang menghubungkan cover dengan perangkat kelistrikan. Jika semua sudah terbuka, perhatikan bagian kontak. Di sana tersemat boks penutup berukuran mungil, maka lepas juga bagian tersebut hingga terlihat tuas penarik kabel yang terhubung dengan jok kendaraan.

Tekan tuas itu ke arah atas, maka engsel dudukan akan menghentak sehingga jok bisa terbuka, dan kunci yang tertinggal di dalamnya bisa segera diambil kembali.

Langkah tersebut dicoba menggunakan Honda Scoopy lansiran 2017. Sehingga, jika perangkat perkuncian motor lain tidak sama, boleh jadi cara itu tidak bekerja sempurna.

Lihat videonya di bawah ini:

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)
Berita Terkait
hitlog-analytic