Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Nekat Enggak Pakai Aki, Ini Risikonya

Aki Motor

100kpj – Aki merupakan komponen yang cukup vital fungsinya pada sebuah motor, yakni sebagai pemyedia listrik. Khusus motor dengan karburator, kelistrikan memang disuplai oleh spul.

Walaupun demikan, sepeda motor tanpa aki juga bisa menimbulkan beberapa efek negatif. Seperti yang dilansir oleh situs resmi Suzuki Indonesia, ini beberapa efek negatif sepeda motor tanpa aki.

1. Mesin Sulit Hidup

Untuk menghidupkan sepeda motor, kita cuma harus menekan tombol start yang ada pada stang kemudian mesin nyala dan siap ditunggangi. Tetapi ingat, sistem elektrik starter ini memakai tenaga listrik dan yang menyediakan listrik ketika mesin mati cuma aki.

Ini artinya ketika motor tidak memakai aki, maka kita tidak bisa memakai fitur electric starter. Untuk menyalakan mesin, kita perlu menggunakan kick starter.

2. Lampu Sein Tak Berkedip

Anda mungkin sering melihat motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip sama sekali (nyala terus menerus). Itu ternyata bukan masalah pada lampu sein, tapi karena tegangan listrik yang kurang sehingga flasher yang tugasnya mengedipkan menjadi tidak maksimal kinerjanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic