Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bodi Motor Kusam, Lakukan Hal Ini Agar Kinclong Lagi

Suzuki Katana tampil di Jakarta Fair Kemayoran.
Sumber :

100kpj – Pemakaian motor dengan jangka waktu yang cukup sering, terkadang membuat bodi motor nampak kusam. Beberapa faktornya, antara lain air hujan, sinar matahari hingga debu jalanan.

Bagi pemilik kendaraan, motor yang kusam tentunya membuat resah. Terlebih, pencucian motor tak memberikan dampak yang besar bagi bodi motor.

Tapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan bodi motor menjadi kinclong. Berikut tips yang dirangkum dari situs resmi Suzuki Indonesia.

1. Pakai Kompon dan Poles

Jika tidak mau keluar banyak biaya, Anda bisa melakukan perawatan sendiri dengan kompon dan cairan poles yang bisa Anda beli dengan mudah di swalayan. Kompon yang bentuknya menyerupai gel bisa digunakan untuk menghilangan goresan halus.

Tapi ingat, prosesnya tidak instan. Anda harus menggosok bodi motor dengan kompon beberapa kali untuk bisa menghilangkan goresan halus tersebut. Caranya, cukup oleskan kompon di bodi motor kemudian gosok dengan kain lembut dengan gerakan memutar.

Satu hal yang perlu dicatat, jangan memakai kompon terlalu banyak supaya cat tidak terkelupas. Setelah goresan halus hilang, gunakan gel atau cairan poles untuk mengembalikan kilap bodi motor. Supaya tidak tercampur oleh debu atau kotoran yang bisa menyebabkan goresan saat bodi digosok cairan poles, sebaiknya poles dipakai setelah motor dicuci.

2. Ke Jasa Detailing

Cara mengkilapkan bodi motor yang satu ini untuk Anda yang punya cukup biaya lumayan banyak. Workshop detailing akan membersihkan seluruh bagian motor, mulai dari bodi, blok mesin sampai kaki-kaki.

Mereka akan memakai cairan-cairan khusus yang bisa menghilangkan goresan dan membuat komponen motor kembali terlihat mengkilap atau kinclong.

3. Cat Ulang

Ini menjadi pilihan terakhir bila keadaan bodi motor memang sudah sangat parah. Mengecat ulang atau membeli bodi baru, tentunya yang orisinal, adalah cara yang paling efektif untuk mengembalikan kilap bodi motor. Walaupun memang cara yang satu ini memang membutuhkan biaya lebih mahal.

Berita Terkait
hitlog-analytic