Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor-motor Sekarang Tanpa Engkol, Ternyata Memang Ikuti Tren Global

Honda Vario.
Sumber :

100kpj – Belakangan motor-motor matik yang ditawarkan produsen banyak yang tanpa dibekali kick starter alias engkol. Hal ini pun tentu dipertanyakan masyarakat. Karena dikhawatirkan mengganggu kenyamanan mereka berkendara.

Beberapa motor yang hadir tanpa engkol adalah All New Honda Vario 125,150 dan Honda PCX 150 lokal. Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya, dalam salah satu kesempatan, hilangnya kick starter sebenarnya karena menyesuaikan tren global yang sudah berubah.

Terlebih kebiasaan masyarakat yang tak menggunakan engkol saat menghidupkan mesin sepeda motor.

"Itu jadi andalan tren motor dunia ya, kayak big bike, sport hingga skuter besar. Lalu survei masyarakat yang memakai kick starter menurun dan berkurang," kata Thomas Wijaya.

Adanya kick starter, kata Thomas, secara psikologi memang membawa perasaan lebih aman. Namun sekali lagi dia menegaskan, survei menyebut penggunaan dan permintaan adanya kick starter menurun.

"Lalu penggunaan kick starter juga sebenarnya membuat adanya perubahan layout. Nah karena ada itu layout jadi berbeda, sehingga engkol tak lagi diperlukan," tuturnya.

Sebagai pengganti Honda sendiri membekali panel instrumen digital yang menyediakan akses informasi mengenai kondisi aki motor. Sehingga pemilik bisa terus memantau apakah aki motor mereka sehat atau tidak.

Sementara itu seperti dikutip situs Federal, dengan tidak adanya kick starter, pengguna motor skutik sebenarnya tak perlu khawatir. Karena semua pangkal dari masalah engkol adalah aki lemah atau aki tekor, sehingga motor tidak bisa dinyalakan.

Solusi pertama jika motor yang tidak memiliki engkol yakni dengan cara menjamper aki, atau mengisi kelistrikan aki, atau solusi lain dengan mengganti aki baru.

Selain dengan cara tersebut, supaya aki tidak mudah tekor, pemilik motor juga harus rajin-rajin mengecek tegangan aki. Beberapa produk motor matik saat ini sudah memiliki indikator tegangan aki di panel instrumennya. Jadi akan lebih mudah memantau kesehatan aki.

Kalau motor belum ada fitur tersebut, pilihannya bisa menggunakan alat bernama voltmeter. "Aki yang masih bagus ampere nya 13,5 volt. Dan pada saat pengisian, kalau tarik gas, itu bisa sampai 14 volt. Tapi kalau aki sudah ngedrop, dia pasti di bawah 10 volt dan pas pengisian saat nyalain motor itu pasti hanya keiisi di bawah 13 volt," tulisnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic