Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Knalpot Motor Ngebul Bikin Polusi, Ini Penyebabnya

Ilustrasi Knalpot Keluar Asap
Sumber :

100kpj – Asap yang keluar dari knalpot motor memang sangat membahayakan karena polusi udara. Ironisnya, kejadian tersebut terjadi pada motor-motor keluaran terbaru. Penyebabnya beragam, makanya cara mengatasinya pun tergantung dari penyebabnya.

Melansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, hal pertama yang bisa menyebabkan motor menjadi ngebul adalah silinder atau liner mesin sudah dalam keadaan aus. Kerusakan silinder tersebut biasanya diakibatkan oleh terganggunya komponen mesin motor lainnya, yaitu piston yang juga sudah dalam keadaan aus.

Silinder motor bekerja dengan cara bergesekan langsung dengan piston saat mesin motor sedang dalam keadaan menyala. Kondisi silinder mesin yang sudah aus akan mengakibatkan mengalirnya oli ke dalam ruang bakar, sehingga bisa menyebabkan munculnya asap.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi keausan pada silinder motor adalah dengan melakukan bore up. Pembubutan silinder motor tersebut harus menggunakan bantuan tenaga montir untuk melakukan turun mesin sebelum bore up.

Knalpot ngebul

Penyebab motor ngebul berikutnya adalah kondisi ring piston yang sudah dalam keadaan aus. Salah satu komponen ring piston di dalam motor mempunyai fungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Apabila ring piston tersebut aus, maka akan mempengaruhi kerapatannya.

Ring piston yang aus akan menimbulkan adanya celah dalam saluran mesin motor, sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Akibatnya adalah bahan bakar akan terkontaminasi dengan oli, sehingga hasil emisinya akan mengeluarkan asap tebal berwarna putih.

Berita Terkait
hitlog-analytic