Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sering Dilakukan, Ternyata Cara untuk Membersihkan Busi Ini Salah

Busi sepeda motor.
Sumber :

100kpjBusi adalah komponen yang punya peran penting bagi kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena fungsinya dapat memercikan api dari campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

Meskipun perannya cukup penting bagi mesin, namum biasanya para pemilik kendaraan jarang memeriksa kondisi busi. Kalau pun diperiksa biasa waktu kendaraan sedang diservis. 

Untuk mengembalikan kondisinya, biasanya mekanik akan melepas busi dari blok mesin dan kemudian membersihkannya dengan sikat kawat. Nah, ini adalah salah satu contoh yang salah.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano mengatakan bahwa penggunaan sikat kawat akan merusak suku cadang tersebut.

Busi sepeda motor.

“Jangan menggunakan sikat kawat, karena dapat merusak komponen elektroda di dalamnya. Lebih baik gunakan sikat gigi,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Rabu 3 Maret 2021.

Apabila pada busi terlihat tumpukan karbon, maka sebaiknya langsung diganti. Diko menjelaskan, jika busi yang dipakai terbuat dari bahan logam mulia seperti iridium, maka bagian yang rusak duluan bukan bagian tengah, melainkan kepala yang berbentuk L.

Berita Terkait
hitlog-analytic