Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenali Beberapa Masalah Electric Starter yang Bikin Motor Susah Hidup

Tombol starter yang rusak.
Sumber :

100kpj – Adanya electric starter membuat para pengendara lebih mudah dalam menghidupkan motornya. Namun, terkadang starter bermasalah hingga motor tak kunjung hidup. Yuk kenali beberapa penyebabnya.

Jika starter bermasalah, biasanya aki menjadi sasaran utama yang kerap disalahkan. Sebab bagaimana pun, aki adalah sumber kelistrikan pada motor.

Padahal, electric starter juga bisa rusak atau ngadat namun bukan karena faktor akinya. Melainkan bisa juga karena komponen lain, seperti yang dikutip dari Wahana Honda, Jumat 26 Februari 2021.

1. Switch Starter

Switch starter merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada kendaraan secara tidak langsung. Komponen ini bisa menjadi faktor utama penyebab electric starter tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, Anda harus mengecek komponen ini terlebih dahulu. Paling mudah untuk mengeceknya dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Apabila Anda mendengar bunyi seperti krek-krek, maka bisa jadi itu pertanda bahwa electric starter motor Anda dalam keadaan yang tidak prima.

Berita Terkait
hitlog-analytic