Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Fungsi Winglet di Motor Sport

Winglet di Motor Sport. Foto: Farhan/100KPJ
Sumber :

100kpjMotor sport yang diperlombakan di MotoGP memiliki satu ciri yang mudah dikenali, yakni keberadaan winglet atau sayap kecil di area fairing kendaraan. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, apa fungsi komponen tersebut? Bukankah keberadaannya justru merepotkan?

Bukan hanya di MotoGP, kini motor sport yang dijual ke konsumen umum juga telah dilengkapi winglet. Salah satunya, Honda CBR600RR yang baru-baru ini diluncurkan di Indonesia. Meski terkesan sepele, nyatanya komponen tersebut punya fungsi yang terbilang besar. 

Baca juga: Fungsi Oli Gardan Pada Matik, Kapan Harus Diganti?

Winglet di Motor Sport. Foto: Farhan/100KPJ

Instructor Technical Division PT Astra Honda Motor atau AHM, Ade Muhajir mengatakan, keberadaan winglet berguna untuk menambah downforce atau daya tekan ke bawah pada sepeda motor. Sehingga, saat melaju di kecepatan tinggi, roda bagian depan tidak terangkat.

“Untuk menambah downforce pada kecepatan tinggi ya. Biar saat ngebut atau posisi kencang, ban depannya tidak naik,” ujar Ade Muhajir saat ditemui di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), Cikarang, Jawa Barat, Kamis sore, 18 Februari 2021.

Berita Terkait
hitlog-analytic