Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tidak Tertusuk Paku Tapi Ban Motor Kempes, Ternyata Ini Biang Keroknya

Tips Ban Motor
Sumber :

100kpj – Pengendara motor biasanya selalu menyalahkan paku atau benda tajam lainnya ketika mengalami ban bocor, ternyata ada penyebab lain yang dapat menyebabkan ban motor kehabisan angin

Seperti dilansir dari Corsa Tire, penyebab ban kempes selain karena tertusuk paku sering disebabkan oleh kurangnya perawatan dan perhatian pemilik motor, terhadap ban di sepeda motornya hingga menyebabkan angin dalam ban berkurang. Ini beberapa sebab ban kempes walau tidak tertusuk paku.

Salah satu penyebab kempes ban sepeda motor yang cukup mengejutkan adalah adanya benda asing yang berada diantara ban dan velg seperti butiran pasir yang menumpuk. Hal ini terjadi saat pasir menempel di antara ban dan velg sehingga menimbulkan celah antara ban ke velg.

Hal tersebut menyebabkan angin keluar secara perlahan yang dapat berujung pada ban kempes. Lakukanlah pembersihan secara rutin pada daerah ban dan velg motor untuk menghindarinya.

Ban motor.

Cek juga bagiannya pentil ban, karena jika pentil bannya kendor maka angin dapat keluar secara perlahan dari daerah pentil. Untuk mengetahui adanya kebocoran pada daerah pentil, kamu dapat membasuh air sabun pada daerah pentil ban. Apabila ada gelembung maka terdapat kebocoran halus.

Nah, jika masa pakainya sudah lama hingga kondisi ban menipis. Segera ganti ban motor kamu untuk menghindari kebocoran. Karena ban yang permukaannya sudah tipis akan lebih lemas tertusuk oleh benda tajam.

Berita Terkait
hitlog-analytic