Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Penyebab Aki Baru Tapi Mudah Soak

Aki Motor

100kpj – Untuk menyalakan sebuah kendaraan, tak cukup hanya dengan adanya bahan bakar saja. Sebab, membutuhkan juga arus listrik untuk bisa menghidupkan mesin dan sumbernya adalah aki.

Selain itu, aki yang digunakan pada sepeda motor saat ini fungsinya semakin penting. Peranti penyimpan daya listrik itu diandalkan untuk mensuplai kebutuhan sistem injeksi, lampu hingga berbagai sensor elektronik.

Semakin banyak arus listrik yang dibutuhkan motor, maka aki yang dipakai juga semakin besar kapasitasnya. Beban kerjanya juga semakin bertambah, membuat usia pakainya jadi lebih pendek.

Sudah jarang ditemui motor yang akinya bisa bertahan lebih dari lima tahun, apalagi jika kendaraan tersebut jarang dipakai dan dipanaskan mesinnya. Kunci mendapatkan aki yang awet adalah perawatan, serta motor rutin dikendarai.

Aki motor dengan QR Code.

Apabila kemampuan menyimpan arusnya sudah lemah, maka aki harus diganti dengan yang baru. Namun, bisa jadi ada yang mengalami aki kembali soak padahal usianya baru beberapa bulan.

Dilansir dari VIVA, Jumat 15 Januari 2021, hal itu bisa terjadi apabila komponen tersebut diganti dengan yang berbeda kapasitasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic