Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Catat, Daftar Tekanan Angin Ideal Ban Motor Matik, Bebek dan Sport

Isi tekanan angin pada motor.
Sumber :

100kpj – Semua komponen yang dipasang di kendaraan bermotor, memiliki fungsi penting. Termasuk, ban karet bundar yang menempel pada pelek roda.

Dengan adanya ban, maka semua permukaan jalan bisa dilalui dengan lebih nyaman. Sebab, di dalam ban ada udara bertekanan yang bisa memberikan rasa empuk saat melintasi jalan rusak.

Sama seperti komponen lain, jumlah tekanan udara di dalam ban juga ada standarnya. Jika terlalu banyak atau sedikit, akan memengaruhi usia pemakaian ban, kenyamanan, serta kestabilan kendaraan itu sendiri. Begitu juga dengan sepeda motor.

Sebenarnya, ada ukuran tekanan angin ideal yang berlaku bagi tiap-tiap model sepeda motor, baik skutik, bebek, dan jenis sport. Berapa?

Seperti dikutip dari situs resmi PlanetBan, Selasa 4 Juni 2019, tekanan angin pada ban depan motor matik yakni sekitar 28 hingga 30 psi. Hal tersebut berarti tekanan 28 psi aman digunakan saat berkendara sendiri, sementara 30 psi saat berboncengan atau membawa beban berat.

Kalau tekanan ban belakang motor matik, idealnya disebutkan 31-33 psi.

Tekanan angin yang sama juga direkomendasikan untuk motor jenis bebek. Pada ban depan motor bebek, anjurannya sekitar 29 hingga 30 psi. Sementara untuk ban belakang motor bebek, bisa menggunakan tekanan angin sekitar 31-33 psi.

Lain lagi halnya dengan jenis motor sport. Untuk jenis ini, dianjurkan tekanan angin pada ban depan sekira 32 sampai 34 psi. Sementara roda belakang antara 39-41 psi.

Berita Terkait
hitlog-analytic