Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Baru Tahu, Ini Yang Bikin Kantong Terkuras Saat Perawatan Mobil

Bengkel mobil Daihatsu
Sumber :

100kpj – Memiliki mobil dalam kondisi prima tentu menjadi impian semua orang. Namun konsekuensinya, harus mengeluarkan uang lebih. Sebab mobil butuh perawatan rutin, seperti mengganti oli mesin hingga suku cadang lainnya.

Untuk pemilik mobil baru memang tidak perlu khawatir, karena biasanya sudah tercover paket servis mulai dari jasa hingga spare parts masih gratis. Namun tidak selamanya, karena ada batasan tahun, atau jarak tempuhnya.

Sehingga setelah melewati masa-masa indah yang tidak memerlukan uang dalam melakukan perawatan, cepat atau lambat pemilik mobil tetap meogoh kocek. Lantas biaya apa yang paling besar saat proses servis kendaraan?

Ilustrasi pergantian oli mobil

Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi mengatakan, dalam perawatan kendaraan itu biaya yang paling dominan mulai dari 10 ribu kilometer sampai seterusnya adalah oli mesin, meski tidak disadari.

“Contoh 10 ribu km ketika kita melakukan perawatan berkala yang diganti hanya oli mesin dan filter oli, lalu masuk 20 ribu km, paling hanya tambahan ganti busi, dan komponen lain yang diganti oli mesin dan oli filter,” ujarnya melalui virtual, Jumat 17 Desember 2020.

Lebih lanjut pergantian suku cadang akan lebih banyak saat memasuki periode kelipatan 40 ribu km, namun secara total harganya yang paling dominan adalah oli mesin. Maka sangat penting, perannya untuk menjaga mesin.

Berita Terkait
hitlog-analytic