Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Mudah Bikin Motor Jadi Enak dan Berumur Panjang

Servis motor Honda
Sumber :

100kpj – Sepeda motor menjadi alat transportasi andalan masyarakat Indonesia dalam menjalan aktivitasnya. Walau begitu, motor juga perlu mendapat perawatan maksimal agar bisa berumur panjang dan nyaman pula dipakainya.

Berbeda dengan motor keluaran baru atau baru beli, motor yang usianya sudah lama perlu mendapat perhatian ekstra. Seperti dikutip laman resmi Astramotor, Rabu 16 Desember 2020, ada beberapa cara perawatan untuk motor bebek, skuter matik ataupun motor sport.

Baca Juga: Ungkap Mobil Salshabilla Adriani Yang Menabrak Juru Parkir Saat Mabuk

Pemotor musim hujan

Yang pertama harus dilakukan adalah rutin memanaskan mesin motor, setidaknya selama 5 menit saja sebelum dipakai berkendara atau pun untuk disimpan lagi. Dengan kurun waktu tersebut, suhu mesin cukup hangan dan komponen siap bekerja.

Agar umur panjang, motor lebih baik menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan di atas 90. Dengan cara tersebut, pembakaran dalam mesin berjalan sempurna dan tidak menyisakan kerak pada injector sehingga mesin jadi lebih awet.

Lalu hindari juga membawa barang bawaan melebihi kapasitas angkut yang disarankan pabrikan. Untuk ketahui beban angkut maksimal sepeda motor, biasanya berkisar 120 sampai 130 kg.

Berita Terkait
hitlog-analytic