Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Air Radiator Motor Berkurang, Ditambah atau Diganti?

Mengisi radiator motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Motor masa kini yang dirancang berperforma tinggi sekaligus tetap efisien, sehingga banyak motor-motor baru yang menggunakan radiator sebagai komponen pendingin. Enggak cukup lagi sekadar embusan angin seperti ditemukan pada motor berteknologi lawas.

Karena tingginya kinerja mesin zaman sekarang, membuat suhunya menjadi lebih panas. Otomatis, produsen merancang sistem pendingin yang lebih baik. Sehingga secara garis besar, fungsi radiator adalah sebagai pendingin mesin. 

Cara kerjanya cukup sederhana, cairan akan dialirkan ke dinding mesin dan bagian lain untuk menyerap panas. Kemudian, disalurkan kembali ke bagian depan untuk didinginkan menggunakan kipas.

Zaman dahulu, radiator terbuat dari bahan kuningan. Tapi, bobotnya yang cukup berat membuat pabrikan kemudian beralih ke material plastik dan aluminium. Ada keuntungan tersendiri apabila memakai radiator berbahan kuningan, yakni bisa ditambal jika bocor. Hal itu tidak dapat dilakukan pada radiator plastik, yang jika rusak maka harus diganti utuh.

Air radiator.

Karena perannya yang sangat penting, tak heran apabila pabrikan menyarankan pemilik kendaraan, baik motor maupun mobil untuk memeriksa cairan radiator secara berkala.

Hal itu bisa dilakukan setiap pagi hari, sebelum mesin dihidupkan. Cukup buka kap mesin dan lihat ketinggian cairan di bak penampungan. Untuk pemilik motor, yang bisa mereka lakukan adalah melihat indikator di panel instrumen.

Berita Terkait
hitlog-analytic