Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daftar Lengkap Juara MotoGP 2000-2020, Siapa Paling Sukses?

Marc Marquez - Jorge Lorenzo - Valentino Rossi di Podium
Sumber :

100kpj – Pembalap muda Suzuki, Joan Mir berhasil menjuarai MotoGP 2020 setelah menyudahi balapan di sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol pada urutan ketujuh. Kini, Joan Mir sudah mengumpulkan 171 poin, dan mustahil dikejar para pembalap lain.

Keberhasilan Joan Mir itu sekaligus memutus dominasi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang sukses meraih gelar beruntun di empat musim sebelumnya. Selain itu, dia juga menjadi pembalap Suzuki kedua—setelah Kenny Roberts—yang berhasil menjuarai MotoGP di era milenium.

kenny roberts

Baca juga: Heran, Mengapa Banyak Juara MotoGP Berasal dari Spanyol?

Sejak MotoGP musim 2000 hingga 2020, tercatat hanya ada tujuh nama yang berhasil keluar sebagai juara. Pembalap Yamaha asal Italia, Valentino Rossi menjadi yang terbanyak meraih gelar, yakni tujuh kali. Sementara Marc Marquez sukses enam kali, dan Jorge Lorenzo tiga kali.

Dalam hal tersebut, Rossi mungkin lebih baik dari Marquez dan Lorenzo. Bukan hanya jumlah gelarnya lebih banyak, pembalap berjuluk The Doctor itu bisa menjuarai kompetisi bersama dua tim berbeda, yakni Honda dan juga Yamaha.

Berita Terkait
hitlog-analytic