Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Profil Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020, Bukan Orang Sembarangan?

Joan Mir
Sumber :

100kpj – Pembalap Suzuki asal Spanyol, Joan Mir resmi menjuarai MotoGP 2020 setelah finis di urutan ketujuh pada sirkuit Valencia, Spanyol, akhir pekan kemarin. Kini, Joan Mir sudah mengumpulkan 171 poin dan mustahil dikejar para pembalap lain.

Keberhasilan tersebut tentu membuat penonton MotoGP di seluruh dunia terheran-heran. Sebab, Joan Mir sebelumnya sama sekali tak dijagokan. Alih-alih tampil dominan, pembalap 23 tahun itu hanya mampu meraih satu kali kemenangan. Lantas, siapa sebenarnya Joan Mir?

Baca juga: Morbidelli Menang, Joan Mir Kunci Gelar Juara Dunia di MotoGP Valencia

Joan Mir

Joan Mir sendiri merupakan pembalap yang baru tampil dua musim di kelas MotoGP. Pada musim lalu, ia tampil sebagai rookie dan prestasinya terbilang biasa-biasa saja. Ia hanya duduk di posisi ke-12 dengan raihan 92 poin.

Dikutip dari sejumlah sumber, Joan Mir mengawali karier balapnya dengan berkompetisi di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013 dan 2014 silam. Pada kejuaraan tersebut, dia hanya mampu menempati urutan kesembilan di musim pertama, dan kedua di musim berikutnya.

Perjalanan panjang Joan Mir akhirnya membuahkan hasil setelah pada tahun 2016, dia mulai bergabung secara penuh di kelas Moto3. Kendati sempat kesulitan di musim pertama, namun dia mampu meraih juara di tahun berikutnya. Itulah mengapa, banyak yang beranggapan, Joan Mir merupakan pembalap yang selalu menghargai proses.

Berita Terkait
hitlog-analytic