Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ada Kabel Sepanjang 200 Meter pada Motornya Joan Mir, Kabel Apa Tuh?

Pembalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins
Sumber :

100kpj – Sebagai ajang balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP tentunya tidak lepas dari teknologi canggih dan modern. Pasalnya setiap tahun para insinyur yang bekerja di dunia MotoGP selalu berinovasi, untuk membuat motor semakin kencang dan mudah dikendarai.

Selain itu pada satu unit motor MotoGP ditanamkan berbagai sensor, untuk mendukung performa motor dan memudahkan pembalap kala mengendarainya. Seperti pada Suzuki GSX-RR, yang dibesut oleh Alex Rins dan Joan Mir.

"Motor kami dilengkapi dengan sensor, kabel, dan ECU yang mengumpulkan data dan kami hanya dapat mengunduhnya setelah motor kembali ke garasi, melalui sambungan kabel. Pada saat yang sama, kami mengunggah peta dan instruksi sebelum motor meninggalkan garasi untuk turun ke lintasan," kata Claudio ungkap Claudio Rainato, Teknisi Elektronik Tim Suzuki seperti dikutip laman resmi Suzuki MotoGP, seperti dikutip laman resmi Suzuki MotoGP.

Lebih lanjut Caludio menjelaskan, bahwa sistem elektronik pada sepeda motor pada dasarnya merupakan data dari kumpulan informasi tentang dinamika kendaraan dan manajemen mesin.

Pembalap Suzuki, Joan Mir

Nah data tersebut ditransfer dari mesin ke komputer, untuk mengetahui informasi tentang kondisi motor.

"Kami mengumpulkan informasi dari mesin tetapi kami juga mengirimkan instruksi ke ECU yang memberi tahu mesin bagaimana berperilaku, misalnya mengenai pengiriman daya, kontrol traksi, anti-wheelie dan anti-spinning. Inilah yang disebut "peta", campuran instruksi di mana ECU mengelola mesin," ucapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic