Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lompat dari Motor di Kecepatan 218 Kpj, Mengapa Vinales Tak Cedera?

Maverick Vinales jatuh
Sumber :

100kpj – Pembalap Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales harus mengalami nasib sial setelah gagal menyelesaikan perlombaan di sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu 23 Agustus 2020. Kala memasuki lap ke-17, Vinales memilih lompat dari motornya lantaran mengalami masalah pada sistem pengereman.

Menariknya, meski ia lompat mendadak saat motor melaju di kecepatan 218 kilometer per jam, namun Vinales terlihat baik-baik saja, alias tidak mengalami cedera. Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Baca juga: Horor! Vinales Lompat dari Motor di Kecepatan 218 Kilometer per Jam

Berdasarkan keterangan dari sejumlah sumber, pembalap 25 tahun itu bisa terhindar dari cedera lantaran teknologi Tech-Air Race Airbag yang tersemat di kostum balapnya. Sistem airbag tersebut bisa mengembang dalam hitungan 45 milidetik setelah sensor menangkap adanya tabrakan.

vinales

Bahkan, sebelum digunakan pembalap MotoGP, teknologi itu sempat diuji coba menggunakan boneka manusia yang diletakkan di atas sepeda motor. Kemudian, motor tersebut dihantamkan berulang-ulang ke mobil. Hasilnya, setiap hendak menabrak, airbag selalu mengembang lebih awal.

Diketahui, sejak dua tahun lalu, penggunaan kostum balap alias wearpack dengan teknologi airbag sudah menjadi regulasi wajib. Itulah sebabnya, seluruh pembalap di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3 wajib mengenakannya untuk mencegah terjadinya hal yang tak diharapkan.

Berita Terkait
hitlog-analytic