Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Keren, Orang Indonesia Bikin Baju Balap Seperti di MotoGP

Ardians Racing Suit
Sumber :

100kpj – Regulasi balap membuat Ardian Racing Suit melakukan inovasi untuk membuat wearpack atau baju balap motor dengan teknologi air bag, teknologi tersebut diyakini bisa meminimalisir cidera yang dialami oleh pembalap ketika terjatuh.

Wearpack yang dibuat di D.I.Yogyakarta ini akan memasangkan airbag di yang saat ini diperuntukan untuk Asia Road Racing Championship (ARRC). Irwan Ardiansyah pemilik dari Ardians Racing Suit melalui akun Facebook pribadinya menjelaskan, bahwa pemasangan airbag ini merupakan regulasi keamanan di ajang balapan paling bergengsi di Asia, yang wajib dipatuhi oleh produsen baju balap yang boleh dipakai di ajang tersebut.

Uniknya teknologi airbag ini yang bisa dibongkar-pasang, sehingga bisa dipakai di setiap tipe Ardians Racing Suit. Pada bagian rompi airbag sebelah kanan, terdapat sebuah tabung udara sebagai suplai udara ke semua bagian airbag. Lalu di bawahnya terdapat katup pembuka, yang terpasang dengan tali berwarna merah yang akan disambungkan ke motor. 

Ardians Racing Suit

Cara kerjanya cukup sederhana, ketika pembalap terjatuh maka kemungkinan besar akan terpisah dengan motornya. Nah, ketika terpisah itu, maka tali yang berwarna merah tadi akan terlepas dari motor, ketika terlepas itulah airbag akan otomatis terbuka dan mengembang. 

Meskipun belum ada homologsinya, namun sepertinya cara kerja yang sederhana seperti itu layak untuk diterapkan di ARRC, apalagi di ajang ARRC Ardians Racing Suit cukup punya pasar yang besar.

Ardians Racing Suit
Berita Terkait
hitlog-analytic