Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Lebih Pilih Quartararo, Rossi: Itu Keputusan Logis

Valentino Rossi
Sumber :

100kpj – Valentino Rossi harus menerima kenyataan tak diperpanjang kontraknya oleh tim pabrikan Yamaha. Walau begitu, pembalap asal Italia ini sadar bila keputusan dari Yamaha cukup masuk akal, dan bisa diterima.

Rossi dipastikan sudah takkan bergabung dengan tim Monster Yamaha pada MotoGP 2021. Posisinya telah diambil alih oleh pembalap muda asal Prancis, Fabio Quartararo.

Quartararo akan bergabung dengan Monster Yamaha pada 2021, dan kini masih membalap untuk Petronas Yamaha SRT. Nantinya, rookie of the year 2019 itu akan berduet dengan Maverick Vinales yang sudah dikontrak hingga 2022.

Kini, tinggal menunggu nasib Rossi karena berusia 40 tahun itu akan habis kontraknya dengan Yamaha pada 2020. Dalam situs resmi MotoGP, Rossi baru akan memutuskan kelanjutan kariernya di 2021 pada tengah musim 2020 ini.

Performa Rossi memang merosot dalam dua tahun terakhir, di mana terakhir kali juara pada 2017 di Assen.Bahkan di musim lalu, Rossi cuma dua kali naik podium (finis kedua) yang diraih dalam tiga seri pertama.

Sedangkan Quartararo tampil apik di musim pertamanya di MotoGP. Walau menunanggi motor di bawah spesifikasi pabrikan tapi sukses meraih tujuh podium termasuk finis runner-up, dan enam kali pole position bersama Petronas Yamaha SRT.

"Seperti yang sudah kukatakan sebelumnya, itu adalah sebuah keputusan yang logis. Hasil-hasil membuat perbedaan dan hasil-hasil Maverick juga Quartararo menuntun Yamaha membuat keputusan," kata Rossi dilansir GPOne.

"Secara pribadi, aku tidak menganggapnya sebagai bentuk tidak menghormati, juga karena kalau aku harus melanjutkan akan masih ada sebuh motor untukku. Kalau aku harus bertahan tanpa balapan, aku akan berpikir sebaliknya (tidak dihormati)," lanjutnya.

Yamaha sendiri sudah memastikan akan menyediakan motor dengan spesifikasi pabrikan jika Rossi memutuskan mau melanjutkan karier. Yamaha juga bersedia memberikan dukungan penuh dalam hal kebutuhan teknis pada The Doctor.

Seperti dilansir dari situs resmi Yamaha MotoGP, manajemen Yamaha dan Rossi sudah melakukan pembicaraan terkait masa depan kerjasama mereka. Sejauh ini disepakati kedua pihak butuh mengambil waktu sebelum membuat keputusan final.

Berita Terkait
hitlog-analytic