Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pilih Quartararo, Strategi Yamaha Duetkan Kembali Rossi dan Lorenzo?

Valentino Rossi
Sumber :

100kpj – Rumor akan kembalinya Jorge Lorenzo ke balapan MotoGP mulai mencuat, bahkan bakal diduetkan Valentino Rossi. Itu juga yang dipikirkan oleh legenda balap MotoGP Giacomo Agostini.

Menurutnya, Lorenzo dan Rossi bisa kembali bersatu di tim satelit Petronas Yamaha SRT mulai MotoGP 2021. Duet tersebut bisa terjadi, andai Lorenzo dan Rossi bisa memperlihatkan penampilan yang kompetitif.

Baca Juga:
Yamaha Luncurkan Aplikasi yang Manjakan Pengguna Nmax Terbaru

Rossi dan Vinales Suntik Mental Tim Balap Yamaha Indonesia

Janji Marquez di Indonesia: Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

"Rossi dan Lorenzo di Petronas Yamaha, itu akan bagus bukan? Tapi, karena kita membicarakan dua pebalap juara dunia, mereka harus meraih hasil bagus, menunjukkannya secara reguler," ujar Agostini dikutip dari Marca.

Kontrak Rossi bersama Yamaha habis pada 2020 ini. Pada musim 2021, posisinya bakal digantikan oleh Fabio Quartararo yang saat ini membela Petronas Yamaha SRT.

Quartararo memang tampil apik di 2019, walau berstatuskan rookie. Pembalap asal Prancis itu pun meraih gelar rookie of the year.

Pembalap berusia 20 tahun itu meraih tujuh podium, termasuk lima kali finis runner-up, dan enam pole position. Quartararo pun mengakhiri musim dengan menduduki peringkat kelima pada klasemen akhir lewat 192 poin.

Dia hanya terpaut 29 poin dari Maverick Vinales dan unggul 18 poin dari Valentino Rossi, duo rider pabrikan Yamaha. Kini, Lorenzo juga menyandang status pembalap penguji untuk Yamaha.

Yamaha sendiri tidak menutup kemungkinan memberi penampilan wildcard bagi pembalap asal Spanyol itu di MotoGP 2020. Rossi dan Lorenzo menjadi rekan setim di Yamaha pada MotoGP 2008-2010 dan 2013-2016.

Jorge Lorenzo


Hubungan kedua pebalap sering kali memanas, namun Rossi dan Lorenzo hingga kini tetap saling menghormati. Agostini sendiri memuji langkah Yamaha yang mengambil keputusan untuk mendepak Rossi dan menggantinya dengan Quartararo usai MotoGP 2020.

"Ini keputusan luar biasa, pebalap juara dan bertalenta hanya ada sedikit. Semua pebalap berusaha merekrut mereka secara mungkin. Yamaha membuat keputusan cepat dan berani. Jika Anda sedikit tertidur, mereka langsung mengambilnya. Tim pabrikan seperti Yamaha harus memikirkan masa depan," ucap Agostini.
Berita Terkait
hitlog-analytic