Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kata FIM soal Tudingan Juara Setingan untuk Rossi dan Marquez

Marc Marquez dan Valentino Rossi
Sumber :

100kpj – Anthony West mantan pembalap Moto2, yang menuduh Valentino Rossi dan Marc Marquez pernah melakukan kecurangan di masa lalu yang membuatnya kedua pembalap tersebut bisa dengan mulus meraih karir yang sukses di MotoGP.

Latar belakang dari pembalap yang pernah protes tentang kualitas sirkuit Sentul ini, membeberkan dosa masa lalu Rossi dan Marquez karena dirinya merasa dirugikan oleh FIM. Pasalnya Anthony West yang sedang balapan dalam sebuah kejuaraan di Brasil terpaksa berhenti. Menurut West, FIM yang mempengaruhi Kawasaki untuk menghentikan semua sponsorship untuk West agar tidak balapan di Brasil, padahal Brasil tidak berafiliasi dengan FIM.

Pembalap yang pernah satu tim dengan Rafid Topan Sucipto di Moto2 ini juga mengatakan, bahwa FIM menciptakan aturan baru agar dirinya tidak bisa balapan di Brasil. Padahal, kejuaraan tersebut menurut West tidak ada hubungannya dengan FIM, makanya dia kesal lalu membuat tuduhan kepada Rossi dan Marquez yang diposting di Facebook pribadi miliknya. Selain itu, West juga menyebut bahwa FIM sebagai organisasi korup.

Menanggapi hal itu, Presiden FIM Jorge Viegas, menegaskan bahwa penyataan dari West sudah terlalu jauh, apalagi dia membawa-bawa nama pembalap lain seperti Rossi dan Marquez. "Kasus Anthony West juga terlalu jauh kemana-mana, makanya kami harus merespon hal ini," tambah Viegas yang dikutip dari Marca.

Kemudian Viegas juga menjelaskan bahwa memang FIM tidak menaungi Superbike Brasil, tapi FIM masih punya hak untuk menegakkan aturan soal doping terhadap pembalap, karena West masih bermasalah dengan doping.

"Anthony West ini pembalap yang hebat, tapi dia salah jalan sehingga karirnya tidak begitu baik, saya berharap West kembali ke jalan yang benar, sehingga bisa balapan seperti biasa," harap Viegas.

Pembalap asal Australia ini pernah tersandung masalah doping, pada tahun 2012, enggak kapok Anthony West kembali terkena sanksi selama 2 tahun yang diberikan kepadanya pada bulan September 2018, karena masaah doping. Karena tingkah lakunya, West kemungkinan akan mendapatkan skorsing tambahan, karena melanggar kode disiplin dunia soal partisipasinya di kejuaraan Superbike di Brazil.

Berita Terkait
hitlog-analytic