Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

6 Peralatan Tempur Pembalap MotoGP Ketika Hujan

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di MotoGP San Marino
Sumber :

100kpj – Para pembalap MotoGP harus selalu siap dengan segala macam cuaca, seperti hujan. Namun, ternyata para pembalap sudah memiliki perlengkapan perang jika membalap dalam lintasan yang basah dan diguyur hujan.

Sebagai contoh, yang dilakukan oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa kala itu. Juara dunia MotoGP 2019 itu sudah mempersiapkan segalanya dengan matang, seperti dilansir Boxrepsol.

1. Helm Khusus

perlengkapan motogp saat hujan

Salah satu efek negatif utama balap dalam hujan adalah bahwa tingkat kelembaban yang tinggi meningkatkan kondensasi, yang dapat mengaburkan visor helm dan seluruh bidang penglihatan pengendara . Helm yang digunakan dalam kondisi basah mengatasi masalah ini dengan lebih banyak ruang untuk ventilasi .

Namun, ini tidak mengurangi dampak dari masalah lain, yang terutama disebabkan oleh faktor manusia yang tidak dapat dihindari: bernafas. Oleh karena itu helm memiliki topeng yang terpasang yang mengarahkan ulang udara yang dihembuskan ke bawah, jauh dari visor.

2. Pelindung Lutut

Motogp saat hujan

Merebahkan motor saat di tikungan sangat berbahaya, dan sementara pengendara perlu melakukan ini untuk mencapai hasil terbaik, mereka juga harus ingat bahwa mereka tidak dapat melakukannya dengan mudah seperti dalam cuaca kering.

Alat penggeser lutut yang dikenakan di saat hujan lebih tebal daripada yang biasa dan menyentuh tanah pada tahap awal sehingga sepeda lebih miring. Keuntungan lain adalah mereka menawarkan perlindungan yang lebih besar jika pengendara jatuh dari sepeda motor.

Berita Terkait
hitlog-analytic