Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Suzuki Akan Pasarkan Katana 125 cc

Suzuki Katana 2020.
Sumber :

100kpj – Suzuki Katana punya tampilan dengan desain yang unik, karena motor ini dirancang untuk mengingat model lawas Suzuki yang tenar di era 80-an, sehingga motor ini kini tengah populer secara penjualan di pasar global.

Motor ini didesain oleh Hans Muth, mantan desainer dari BMW. Katana menampilkan desain wedge modern yang unik, motor ini mungkin bukan masuk ke kelas super naked, lantaran menggunakan fairing buntung (half fairing). Tapi kalau melihat konsepnya, jelas, motor ini ditujukan untuk menghadang agresifitas produsen Jepang lain yang kini serius dikancah naked bike dengan keunikannya masing-masing. 

Desainnya benar-benar simpel. Half fairing khas ala Suzuki Katana original dipadu dengan single headlamp standar (LED), bukan lampu pop-up unik laiknya mobil Ferrari keluaran lawas. Begitupun dengan shape tangki, body, serta buritan yang terinspirasi dari versi originalnya.

Headlamp Suzuki Katana

Di Indonesia, walaupun pasar sepeda motor jenis sport kecil tapi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap menghadirkan motor eksotis terbarunya. Buktinya motor ini sudah dipamerkan dalam beberapa pameran di Tanah Air, yang pertama di Jakarta Fair Kemayoran 2019, lalu di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019.

Nah, saat ini Katana akan memiliki 'adik' yang lebih kecil. Pasalnya menurut Young Machine, Suzuki tengah sibuk mengembangkan dan mempersiapkan platform motor yang dapat menggendong kapasitas mesin berbeda-beda.

Layaknya seri GSX yang punya kapasitas mesin besar seperti GSX-R1000 juga menawarkan mesin berkapasitas kecil seperti Suzuki GSX-R125 dan GSX R-150, maka Katana pun akan menawarkan mesin 125 cc yang akan menggunakan platform dari GSX-R125 untuk melahirkan Katana 125cc.

Berita Terkait
hitlog-analytic