Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Rossi Isyaratkan Pensiun, MotoGP Bakal Kehilangan Peminat?

Valentino Rossi
Sumber :

100kpj – Kian tergerus usia, membuat pembalap Monster Energy Yamaha asal Italia, Valentino Rossi mengalami penurunan performa. Kini, pergerakkannya di sirkuit tak selihai awal kemunculannya. Bahkan, ia melalui dua tahun terakhir MotoGP, tanpa sekalipun pernah menang.

Kenyataan itu membuat dirinya merasa telah usai, dan berniat mengakhiri karir pada penghujung musim 2020 mendatang.

“Saya akan mengikuti kejuaraan dunia MotoGP tahun depan. Selama musim yang akan datang, saya akan memikirkan apakah akan berlanjut setelah 2020. Tetapi saya pikir, saya akan berhenti setelah musim mendatang. Saya berkendara ke Valencia, dan berkata: Ciao!” ujar Rossi dikutip dari Speedweek, Sabtu 21 Desember 2019.

Valentino Rossi

Keputusan pembalap berjuluk The Doctor tersebut tentu akan berdampak pada minat penonton MotoGP di seluruh dunia. Sebab, dirinya dinilai memiliki daya tarik serta nilai komersial yang tinggi. Sehingga, saat dia pensiun, akan ada banyak mata yang akhirnya terpejam dan tak lagi menyaksikan balapan.

Baca juga: Menang Terus, Sebenarnya yang Hebat Marquez atau Motornya?

Apalagi, berdasarkan data yang dihimpun laman resmi MotoGP, jumlah penonton di dua sirkuit Italia—yang tak lain adalah kandang Rossi—terus alami kemerosotan. Meski tak diketahui penyebab sesungguhnya, namun banyak kalangan beranggapan Rossi biang keroknya. Penurunan performa pembalap 40 tahun itu dinilai mengurangi nilai kompetitif perlombaan.

Berita Terkait
hitlog-analytic