Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penonton MotoGP Merosot karena Rossi Melempem, Dorna Putar Otak

Tribun Sirkuit MotoGP
Sumber :

100kpj – Laman resmi MotoGP baru saja merilis daftar jumlah penonton selama gelaran musim ini berlangsung. Berdasarkan data yang disajikan dalam bentuk kolom, terlihat jelas ada penurunan angka yang signifikan.

Pada musim lalu, total ada 2.884.242 penonton yang hadir dan menyaksikan langsung melalui kursi tribun. Sedang musim ini hanya ada 2.863.113 pasang mata. Artinya, ada kemerosotan hingga 21.129 penonton.

Menariknya, penurunan angka tersebut rata-rata terjadi di sirkuit Eropa. Salah satunya, markas Valentino Rossi di Italia, Mugello. Sirkuit yang telah berusia 45 tahun itu, mengalami kemerosotan hingga 10.800 penonton. Kemudian di lokasi yang sama, Misano juga kehilangan hampir seribu penonton dibandingkan musim sebelumnya.

Tak hanya itu, menurunnya jumlah hadirin di tribun sirkuit juga terjadi di lintasan Eropa lain, seperti Le Mans, Sachsenring, Brno, Redbull Ring, Aragon, dan juga Silverstone. Sedang nama-nama lain di kawasan serupa hanya mampu stagnan, atau meningkat sedikit saja. Peningkatan justru terlihat di sirkuit yang berlokasi di wilayah Asia.

Melalui data tersebut, muncul spekulasi bahwa MotoGP tak lagi diminati di Eropa. Namun, alih-alih memindahkan fokus audien ke Asia, CEO Dorna Sport selaku penyelanggara balapan, Carmelo Ezpeleta justru ingin menambahkan teknologi baru di seluruh lintasan, agar peminat MotoGP di seluruh dunia kembali bertambah.

Berita Terkait
hitlog-analytic