Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Komponen Motor MotoGP ini Harganya Setara Rumah Mewah di Jakarta

Marc Marquez pimpin balapan MotoGP
Sumber :

100kpj – MotoGP merupakan ajang balapan paling bergengsi di dunia. Karena mendapat banyak perhatian, helatan ini pun selalu menarik untuk dibahas, baik soal persaingan antar pembalapnya, motor yang digunakan, hingga komponen yang dipakai di motor MotoGP. Apalagi komponen-komponen yang digunakan punya harga selangit.

Komponen yang dimaksud adalah swing arm alias lengan ayun, part penghubung roda belakang dengan rangka sepeda motor ini terbuat dari bahan serat karbon jadi harganya bisa melambung tinggi, beda dengan lengan ayun konvensional yang terbuat dari alumunium.

Konon lengan ayun dari bahan serat karbon yang menempel di Honda RC213V milik Marc Marquez (Repsol Honda) saja, harganya bisa mencapai Rp4 miliar. Swingarm karbon ini sendiri diketahui dikembangkan, setelah populernya penggunaan rem karbon.

Rem karbon MotoGP

Karena harganya yang mahal, pembalap tim satelit LCR Honda, Cal Crutchlow beberapa kali mengeluh karena dirinya tidak mendapat swingarm karbon pada RC213V di tiap serinya. Pasalnya, lengan ayun ini harus dilepas dan diperiksa setiap kali pembalap terjatuh. 

"Marc Marquez mendapat keuntungan untuk bisa memakai swingarm ini di tiap serinya. Namun, karena swingarm ini harganya mencapai 250.000 Euro (atau sekitar Rp 4 miliar), kita tidak bisa selalu menggunakannya," ungkap Crutclow, dilansir dari Speedweek.

Harga itu tentu setara dengan banderol rumah mewah di Jakarta. Tidak semua harga swingarm itu berharga Rp4 miliar, sebab tim satelit Pramac Ducati hanya mengeluarkan kocek sebesar 100 ribu Euro atau sekitar Rp1,6 miliar. Sebetulnya yang mahal dari lengan ayun karbon itu adalah biaya pengembangannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic