Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sirkuit Balap MotoGP Paling Konyol, Lewati Perlintasan Kereta Api

Sirkuit Imatranajo di Finlandia
Sumber :

100kpj – Balap MotoGP kembali akan digelar di Finlandia. Sirkuit KymiRing akan menggelar seri ke-11 pada balapan MotoGP 2020. Namun yang menarik, kembalinya Finlandia menggelar balapan MotoGP ini juga kembali mengangkat nama Sirkuit Imatra, sirkuit 'aneh' yang juga pernah menggelar balap MotoGP.

Ya, terakhir kali Finlandia menjadi tuan rumah balap motor paling bergengsi terjadi pada 1982 dengan Sirkuit Imatra sebagai veneunya. Menariknya, sirkuit ini dianggap paling aneh dan berbahaya karena treknya harus melewati jalur perlintasan kereta api.

Sirkuit yang juga disebut dengan Imatranajo ini beberapa kali memakan korban jiwa saat menggelar balapan. Pada tahun 1982, pembalap sidecar Jock Taylor tewas di sirkuit jalan raya ini.

Pembalap MotoGP di lintasan lurus


Tak hanya itu, Sirkuit Imatra bahkan sempat 'dibekukan' menggelar balapan bertaraf internasional setelah terjadi insiden pada tahun 1986 yang mengakibatkan seorang bocah berusia 6 tahun tewas saat tengah menonton balapan. Bocah malang ini tewas setelah terhantam roda dalam sebuah insiden yang terjadi di sirkuit paling konyol ini.

Sirkuit Imatra baru kembali menjadi venue balapan bertaraf internasional pada 2016 saat menjadi tuan rumah IRRC (International Road Racing Championship). Nah, tentu wajar jika nama Sirkuit Imatranajo kembali ramai dibicarakan setelah Finlandia akan menjadi tuan rumah salah satu seri balapan MotoGP.

Sebagai catatan tambahan, pada balapan terakhir yang digelar di Sirkuit Imatra pada 1982, balapan MotoGP saat itu terbagi dalam empat kelas. Selain kelas 125cc, 250cc dan kelas 350cc juga digelar kelas Sidecar, balapan paling unik dengan satu pembalap dan navigator tambahan.

balapan sidecar


Pada balapan MotoGP 'klasik' di Sirkuit Imatranajo tersebut, balapan di kelas 125cc dimenangkan pembalap asal Venezuela, Ivan Palazzese dari tim MBA. Lalu di kelas 250cc dimenangkan pembalap Christian Sarron dari Prancis (Yamaha) dan di kelas utama yakni 350cc dimenangkan pembalap asal Jerman Toni Mang yang saat itu membela tim Kawasaki.

Lalu untuk kelas Sidecar dimenangkan duet pembalap Swiss, Rolf Biland/Kurt Waltisperg dari tim LCR-Yamaha.
Berita Terkait
hitlog-analytic