Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

10 Fakta Menarik dari Alex Marquez, Jagoan Baru Honda

Alex Marquez
Sumber :

100kpj – Alex Marquez telah resmi ditunjuk sebagai pembalap Repsol Honda untuk MotoGP 2020. Ada beberapa fakta menarik dari jagoan anyar Honda tersebut, apa saja?

Alex Marquez akan bertandem dengan sang kakak, Marc Marquez. Pembalap berusia 23 tahun tersebut menggantikan posisi Jorge Lorenzo, yang memutuskan pensiun dari MotoGP.

Juara Moto2 2019 itu mengalahkan kandidat lainnya, seperti Johann Zarco dan Cal Crutchlow.  Honda memberikan kontrak dengan durasi satu tahun pada Alex Marquez.

Berikut adalah data dan fakta Alex Marquez seperti dilansir MotoGP

1. Alex Marquez menjadi pembalap pertama yang memenangi gelar juara dunia Moto2 setelah menjadi juara dunia Moto3.

2. Alex Marquez adalah pembalap Spanyol Spanyol kelima yang memenangi titel Moto2 setelah Toni Elias, kakaknya yakni Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Tito Rabat.

Alex Marquez


3.  Alex Marquez adalah pembalap Spanyol kedelapan yang memenangi kategori intermediate. Gelarnya juga adalah yang ke-11 di kelas tersebut dari pembalap Spanyol dan yang ke-52 di ajang Grand Prix.

4. Alex Marquez berada di posisi keempat dalam daftar pembalap Spanyol dengan kemenangan terbanyak (8 kemenangan) di kelas tersebut, di belakang Marc (16), Tito Rabat (13), dan Pol Espargaro (10).

5. Alex Marquez telah berdiri di podium sebanyak 10 kali sepanjang musim ini dan total 23 kali di kelas Moto2, menyamai Pol Espargaro, yang berada di posisi lima dalam daftar pembalap dengan podium terbanyak di kelas tersebut. Jumlah itu dua lebih sedikit dari milik Marc Marquez.

6. Jumlah total finis podium yang diraih Alex Marquez, yakni 15 di Moto3 dan 23 di Moto2.

7. Alex sukses 12 kali memenangi balapan di Moto3 dan Moto2.

Alex Marquez


8. Alex meraih 15 kali pole di Moto3 (3) dan Moto2 (12).

9. Alex Marquez mencatatkan total 17 waktu putaran tercepat, tujuh di antaranya di Moto3 dan 10 sisanya di Moto2.

10. Sebanyak delapan musim sudah dilalui Alex Marquez di kejuaraan dunia, tiga di Moto3 dan lima di Moto2.
Berita Terkait
hitlog-analytic