Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jorge Lorenzo Bakal Dinobatkan sebagai Legenda MotoGP

Jorge Lorenzo Kecewa
Sumber :

100kpj – Jorge Lorenzo telah mengambil keputusan untuk pensiun dari dunia balap MotoGP jelang seri pamungkas musim ini di Valenci. Pembalap Spanyol itu pun bakal dinobatkan sebagai Legenda MotoGP.

Pembalap Repsol Honda itu mengumumkan kabar pensiunnya pada jumpa pers yang dilakukan Kamis 14 November 2019, pukul 15.00 waktu Valencia, Spanyol. Lorenzo ditemani oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

"Saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP dan setelah balapan ini saya akan pensiun sebagai pembalap profesional," ujar Lorenzo dilansir Crash.

Jorge Lorenzo


Balapan MotoGP Valencia pada Minggu 17 November 2019 akan menjadi balapan terakhir Lorenzo. Sementara itu, Ezpeleta menyatakan Lorenzo bakal dinobatkan sebagai Legenda MotoGP di Jerez.

"Ini adalah hari yang sangat istimewa. Jorge adalah juara dunia lima kali, bersaing di antara beberapa pembalap terbaik dalam sejarah. Segera setelah saya mendengar keputusan Jorge, kami berbicara dengan FIM dan saya senang untuk mengatakan bahwa Jorge akan dijadikan Legenda MotoGP selama Grand Prix Spanyol berikutnya di Jerez," kata Ezpeleta.

Lorenzo memulai debutnya di ajang MotoGP pada 2008 bersama Yamaha hingga 2016. Bersama tim pabrikan asal Jepang itu, pembalap berusia 32 tahun itu merebut tiga juara dunia MotoGP.

Tiga gelar juara dunia MotoGP itu direbutnya pada 2010, 2012 dan 2015. Total, Lorenzo sudah merebut kima gelar juara dunia, dua lainnya didapat pada kelas 250cc pada musim 2006 dan 2007.

Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo


Sejak pindah ke Ducati pada 2017-2018, karier Lorenzo kurang baik dengan finis di posisi 7 dan 9 pada klasemen akhir. Hingga akhirnya hijrah ke Repsol Honda di 2019.

Performanya makin turun seiring cedera dan sulitnya beradaptasi dengan motor RC213V. Dia tak pernah finis 10 besar dan cuma membukukan 25 poin sejauh MotoGP 2019 berjalan 18 seri.
Berita Terkait
hitlog-analytic