Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lorenzo Sudah Ingin Pensiun Sejak Kecelakaan di Assen

Pembalap Jorge Lorenzo.
Sumber :

100kpj – Jorge Lorenzo akhirnya resmi memutuskan pensiun dari balapan MotoGP. Pembalap asal Spanyol itu mengaku sudah ingin pensiun sejak seri MotoGP Belanda pada 30 Juni 2019.

Pembalap yang membela Repsol Honda itu mengumumkan pensiun pada Kamis 14 November 2019. Seri MotoGP Valencia pada Minggu 17 November nanti bakal jadi balapan terakhir untuknya.

"Saya selalu berpikir bahwa ada empat hari penting bagi pengendara. Pertama adalah balapan pertama Anda, yang kedua kemenangan pertama Anda dan kemudian kejuaraan dunia pertama Anda. Tidak semua orang bisa memenangkan kejuaraan dunia tetapi sebagian dari kita berhasil, dan kemudian hari Anda pensiun," kata Lorenzo dilansir Crash.

Jorge Lorenzo


"Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP dan setelah balapan ini saya akan pensiun sebagai pembalap profesional," lanjutnya.

Dia mengaku sudah memikirkan pensiun sejak mengalami kecelakaan di Sirkuit Assen pada latihan bebas dan mengalami cedera retak tulang belakang. Akibat cedera itu, dia absen di seri MotoGP Jerman, MotoGP Ceko dan MotoGP Austria.

Namun, baginya hal itu terlalu dini untuk menyatakan pensiun. Hingga akhirnya, Lorenzo memantapkan diri untuk selesai balapan di MotoGP pada seri Malaysia.

"Ketika saya terguling di gravel di Assen, saya berpikir 'Apakah ini benar-benar layak? Saya selesai dengan itu. Saya tidak ingin balapan lagi. Dan membuat keputusan akhir usai MotoGP Malaysia," papar Lorenzo.

Jorge Lorenzo Jatuh dari Motor


Lorenzo memulai debutnya di ajang MotoGP pada 2008 bersama Yamaha hingga 2016. Bersama tim pabrikan asal Jepang itu, pembalap berusia 32 tahun itu merebut tiga juara dunia MotoGP.

Tiga gelar juara dunia MotoGP itu direbutnya pada 2010, 2012 dan 2015. Total, Lorenzo sudah merebut kima gelar juara dunia, dua lainnya didapat pada kelas 250cc pada musim 2006 dan 2007.

Sejak pindah ke Ducati pada 2017-2018, karier Lorenzo kurang baik dengan finis di posisi 7 dan 9 pada klasemen akhir. Hingga akhirnya hijrah ke Repsol Honda di 2019.

Performanya makin turun seiring cedera dan sulitnya beradaptasi dengan motor RC213V. Dia tak pernah finis 10 besar dan cuma membukukan 25 poin sejauh MotoGP 2019 berjalan 18 seri.
Berita Terkait
hitlog-analytic