Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cuaca Buruk Bikin Kualifikasi MotoGP Australia Dibatalkan

Pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales
Sumber :

100kpj – Cuaca buruk melanda Australia, memaksa jalannya sesi kualifikasi MotoGP harus dibatalkan. Sejatinya, kualifikasi berlangsung Sabtu 26 Oktober 2019.

Hujan serta angin kencang melanda Sirkuit Phillip Island, sejak latihan bebas ketiga pagi ini. Bahkan, FP3 sempat diwarnai red flag.

Sebab kencangnya angin sampai bisa menerbangkan pit board Jack Miller sehingga masuk ke lintasan balap. Namun, FP3 tetap dilangsungkan dan hanya beberapa pembalap saja yang turun.

Maverick Vinales menjadi yang tercepat, disusul oleh Marc Marquez. Sayangnya, pembalap KTM Miguel Oliviera kemudian mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi di tikungan pertama.

Komisi Keamanan lantas mengadakan pertemuan yang melibatkan FIM, bos-bos MotoGP dan seluruh pembalap. Hasilnya, MotoGP memastikan bahwa sisa FP4 dan Q1 serta Q2 mesti dibatalkan karena cuaca tidak memungkinkan.

Ofisial MotoGP akan memeriksa kembali di hari Minggu besok, untuk jalankan sesi yang tersisa. Jika kualifikasi tak bisa digelar lagi, maka posisi start balapan akan ditentukan oleh waktu kombinasi latihan bebas. Artinya, Vinales akan start terdepan pada MotoGP Australia karena mendominasi sejak FP1.

"Kami sudah membuat keputusan di dalam Komisi Keamanan bahwa sekarang ini tidak aman dalam kondisi angin kencang, hal itu bisa dilihat ketika Miguel Oliviera jatuh dengan angin mendorong dia. Kami memutuskan bahwa kami harus berhenti pada hari ini dan mencoba lagi besok," rider Avintia Karel Abraham usai pertemuan dilansir Crash.

Berita Terkait
hitlog-analytic