Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ketika Teknologi Canggih Selamatkan Nyawa Dovizioso dan Quartararo

Marc Marquez, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso di Inggris
Sumber :

100kpj – Andrea Dovizioso mengalami kecelakaan yang cukup fatal pada gelaran MotoGP Inggris, 25 Agustus 2019.  Beruntung, nyawa dari pembalap Ducati itu terselamatkan oleh teknologi canggih di baju balapnya.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone tersebut, Fabio Quartararo tergelincir di lap dan tikungan pertama. Dovizioso yang datang dari belakang tak bisa mengindari motor Quartarto.

Alhasil, Dovizioso menabrak keras motor Quartararo. Pembalap yang kini berada di posisi 2 klasemen itu pun terlempar jauh, dan motor terbakar hingga membuatnya gagal melanjutkan balap.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso


Dovizioso sempat hilang ingatan sesaat usai kejadian tersebut, karena mengalami benturan cukup keras. Namun, beruntung nyawanya terselamatkan oleh teknologi canggih pada baju balapnya.

Sejak 2018 lalu, MotoGP melakukan inovasi dengan memberi airbag ke baju pembalap. Dilansir GPOne, airbag akan menggembung sesaat sebelum benturan dengan aspal.

Alpinestars yang mengembangkan teknologi untuk meredam benturan dengan aspal ini. Airbag yang terpasang di kostum Dovizioso menggembung 150 milidetik sebelum menghantam tanah.



Sedangkan airbag kepunyaan Quartararo menggembung 60 milidetik sebelum benturan pertamanya dengan aspal. Airbag tersebut meredam benturan yang terjadi pada Dovizioso dan Quartararo.
Berita Terkait
hitlog-analytic