Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ducati Terancam Kehilangan Tim Satelit, Siap Direbut Yamaha?

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin
Sumber :

100kpj - Ajang balap MotoGP 2024 diramaikan oleh 22 pembalap yang terbagi dari tim pabrikan, dan tim satelit yang menggunakan motor berbeda, yaitu Ducati Desmosedici, KTM RC16, Aprilia RS-GP, Honda RC213V, dan Yamaha YZR-M1.

Artinya hanya ada 5 brand yang terjun di ajang adu kebut motor paling bergengsi tersebut, dan Ducati menjadi pabrikan dengan tim satelit terbanyak, yaitu Gresini Racing, Pertamina Enduro VR46 Racing, dan Prima Pramac Racing.

Motor Pertamina Enduro VR46 Racing Team

Sejak saham Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP sebagian besar sudah diambil alih Liberty Media yang biasa menggelar Formula One (F1), ada sejumlah regulasi baru yang akan mengubah balap motor tersebut.

Salah satunya terkait jumlah kepemilikan tim satelit pada masing-masing brand alias pabrikan yang dibatasi. Sehingga Ducati berpotensi terancam kehilangan salah satu tim satelitnya.

Saat dikonfirmasi The Race, Chief Sporting Officer Dorna, Carlos Ezpelata, mengatakan, pihaknya sebenarnya tidak ada niat untuk membatasi pabrikan memiliki tim satelit, sehingga belum ada keputusan terkait pembatasan tersebut.

"Pabrikan A tidak memiliki tim independen, pabrikan B memiliki tiga tim independen, pabrikan A harus memberikan tawaran yang cukup menarik agar perubahan itu bisa terjadi," ujar Carlos dikutip Crash, Minggu 21 April 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic