Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

6 Kecelakaan Mematikan dalam Sejarah MotoGP, Dovizioso Lolos dari Maut

Marco Simoncelli
Sumber :

100kpj – Pembalap Ducati Andrea Dovizioso lolos dari maut meski mengalami kecelakaan hebat pada balapan MotoGP Inggris, akhir pekan lalu. Pembalap Italia ini mungkin beruntung jika menilik beberapa kecelakaan mengerikan dalam sejarah balapan MotoGP.

Pada balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu 25 Agustus 2019, Dovizioso mengalami kecelakaan hebat setelah menabrak motor pembalap Yamaha asal Italia Fabio Quartararo yang lebih dulu terjatuh. Dovizioso sempat terbang sebelum kepalanya menghantam pinggiran lintasan. Saking kerasnya, Dovizioso sempat hilang ingatan dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Beruntung, nyawanya masih dapat ditolong meski ia sempat tak sadarkan diri selama  45 menit.

Selain sempat tak sadarkan diri, Dovizioso mengalamiluka memar di beberapa bagian tubuhnya akibat kecelakaan tersebut. Nah, kejadian yang menimpa Dovizioso ini tentu mengingat begitu banyak kecelakaan mengerikan yang terjadi dalam sejarah balapan MotoGP. Kali ini 100kpj.com mencoba merangkum 6 kecelakaan paling mengerikan dalam balapan MotoGP.

Michel Frutschi


1. Michel Frutschi
Di akhir era 1970-an, nama Michel Frutschi terbilang kondang. Karier terbaiknya saat berada di posisi 5 klasemen kejuaraan dunia kelas 350cc. Keputusannya untuk tampil di kelas yang lebih bergengsi, 500cc ternyata berujung petaka. Ia tewas di Sirkuit Le Mans saat tampil di MotoGP Prancis pada tahun 1983 saat menabrak tikungan dengan kecepatan 220 km/jam.

Ivan Palazzese


2. Ivan Palazzese
Pembalap asal Venezuela ini tampil di MotoGP dari tahun 1977 hingga 1989. Sepanjang kariernya, pembalap kelahiran 2 Januari 1962 berhasil 9 kali merasakan podium. Kariernya memang terlihat gemilang sejak ia tampil di MotoGP Venezuela kelas 125cc saat usianya baru 15 tahun. Namun nahas, di GP Jerman tahun 1989, Palezzese mengalami kecelakaan hebat dan nyawanya tak tertolong. Ia menabrak pembalap di depannya yang melambat sebelum akhirnya tubuhnya dilindas dua pembalap di belakangnya.

Daijiro Kato


3. Daijiro Kato
Saat itu, Daijiro Kato diproyeksikan akan menjadi bintang Jepang di MotoGP. Maklum, sebelum tampil di kelas MotoGP (500cc), Kato adalah jawara di kelas 250cc pada musim balapan 2001. Tragis, saat ia tampil di hadapan pendukungnya yang memadati Sirkuit Suzuka di musim balapan 2003, justru nyawanya melayang. Ia mengalami kecelakaan saat memacu motornya di kecepatan 200km/jam.

Shoya Tomizawa


4. Shoya Tomizawa
Satu lagi pembalap Jepang yang harus tewas di atas lintasan. Setelah sukses di All Japan Road Race Championship, Shoya tampil di MotoGP dan turun di kelas 250cc sepanjang musim 2009. Pada musim keduanya, tepatnya pada 15 September 2010 di MotoGP San Marino, pembalap 19 tahun ini tewas setelah mengalami kecelakaan hebat.

Marco Simoncelli


5. Marco Simoncelli
Pada Minggu 23 Oktober 2011, menjadi hari yang kelam bagi dunia balap MotoGP. Pembalap Italia, Marco Simoncelli mengalami kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Ia kehilangan kendali di sebuah tikungan. Nahasnya, di belakangnya melaju kencang pembalap Tech 3 Yamaha, Colin Edward yang tak sempat menghindar dan melindas tubuh Simoncelli. Nyawanya tak tertolong.
Berita Terkait
hitlog-analytic