Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Segini Cepatnya Akselerasi Motor di Balapan MotoGP, Mobil F1 Kalah

Pembalap Suzuki, Alex Rins
Sumber :

100kpj – MotoGP merupakan kasta tertinggi dalam adu balap motor, tak heran bila kecepatannya bikin kaget. Akselerasi Kuda Besi yang ditunggangi oleh Marc Marquez cs lebih cepat ketimbang mobil balap Formula 1 (F1).

Motor MotoGP sendiri berkapasitas mesin 1000cc, dan bisa dipacu hingga 354 km/jam. Kecepatan maksimum tersebut sebenarnya tidak beda jauh dengan rekor tercepat yang dipecahkan mobil F1 yaitu 371 km/jam.

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso (belakang) di MotoGP Austria


Namun bila berbicara akselerasi, motor MotoGP juaranya. Seperti dilansir BT Sport, motor MotoGP tahun sekarang bisa berlari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik lebih unggul cukup tipis dari mobil F1. Hebatnya lagi, di tikungan pun motor masih bisa dikendalikan dengan stabil pada kecepatan 160 km/jam, dan biasanya terjatuh karena senggolan.

Red Bull sendiri pernah mencoba mengadu dua mesin super cepat tersebut di trek lurus. Tim F1 Red Bull kala itu memakai mobil milik Daniel Ricciardo, dan melawan RC213V 2015 milik Marc Marquez.

Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi (depan)


Saat itu dipacu dari 0-100 km/jam, sama-sama butuh 2,6 detik. Namun, saat digeber dari 0-200 km/jam, motor MotoGP adalah pemenangnya.

Sistem elektronik pada mobil F1 memang memegang penuh kecepatan mobil, sedangkan pembalap MotoGP bisa membetot gas sekencang mungkin. Mobil F1 mencapai 200 km/jam dalam waktu 5,2 detik, tapi Motor MotoGP unggul dengan 4,8 detik.
Berita Terkait
hitlog-analytic