Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Spesifikasi Buas Motor Alex Rins yang Kalahkan Marquez

Pembalap Suzuki, Alex Rins
Sumber :

100kpj – Alex Rins berhasil merebut podium tertinggi pada balapan MotoGP Inggris, Minggu 25 Agustus 2019. Motor Suzuki yang ditunggangi olehnya memang memiliki spesifikasi yang cukup buas untuk di lintasan balap.

Dalam balapan di Sirkuit Silverstone, Rins berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 40 menit 12,799 detik. Pembalap Spanyol itu sukses memenangi duel sengit dengan Marc Marquez.

Rins mampu menyalip Marquez di lap dan tikungan terakhir, membuatnya lebih dulu sampai garis finis. Dia mengalahkan pembalap Repsol Honda tersebut dengan keunggulan 0,013 detik saja.

Alex Rins vs Marc Marquez (kanan) di MotoGP Inggris


Bila berbicara top speed, motor Rins di atas kertas memang kalah dari Marquez. Motor Suzuki GSX-RR yang ditunggangi Rins tercatat bisa mencapai top speed hingga 340 km/jam.

Sedangkan Honda RC213V milik Marquez bisa menempuh 360 km/jam, terakhir catatan top speednya adalah 352 km/jam. Namun, kecerdikan Rins dalam memanfaatkan momentum di tikungan membuatnya sukses sebagai juara.

"Kalah di trek lurus terakhir itu tidaklah enak rasanya. Ketika saya memimpin, saya banyak menguras ban," ujar Marquez dilansir Crash.

Kembali ke spesifikasi, Suzuki GSX-RR dibekali mesin berkapasitas 1.000 cc berpendingin cairan, 4 silinder segaris, DOHC 4 katup. Tenaga maksimalnya mencapai 176 kw (240 Ps).

Pembalap Suzuki, Alex Rins


Perihal segi dimensi memiliki panjang 2.096 mm, tinggi 1.140 mm, dan lebar 720 mm, dengan frame twin spar berbahan alumunium, total berat 157 kg.  Bagi Rins, ini adalah kemenangan kedua selama berkarier di MotoGP, sebelumnya dia juara di Amerika Serikat pada seri ketiga 2019.

Tambahan 25 poin dari kemenangan ini membuat Rins naik ke posisi tiga klasemen sementara MotoGP dengan 149 poin. Dia kalah 101 poin dari Marquez yang berada di puncak klasemen.
Berita Terkait
hitlog-analytic