Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Membedah Performa Ban di Motor MotoGP

Tes MotoGP di Sirkuit KymiRing di Finlandia.
Sumber :

100kpj – Selain mengandalkan kecepatan, para pembalap MotoGP juga dituntut untuk cerdik dalam mengatur strategi di lintasan. Salah satunya adalah mengatur kondisi ban, sejak awal hingga selesai balapan.

Kencangnya motor MotoGP dan juga banyak tikungan yang harus dihadapi, tentunya bakal menguras ban itu sendiri. Jika kondisi sudah tak maksimal di awal, maka balapan pun tidak akan mendapat hasil bagus.

Seperti yang dilakukan oleh Fabio Quartararo di MotoGP Austria pada 11 Agustus 2019. Dia mengaku masih banyak belajar soal manajemen ban, khususnya dengan ban soft.

Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo


"Balapan yang luar biasa. Kami memilih ban soft dan saya masih belum punya pengalaman mengatur pemakaiannya. Bahkan ketika saya sedang memimpin, saya mencoba untuk menghemat ban," kata Quartararo yang saat itu finis ketiga.

Namun, apakah kalian tahu bila ban motor MotoGP itu memiliki setingan khusus. Para pembalap MotoGP saat ini memakai ban Bridgestone, yang merupakan produsen resmi untuk kasta pertama adu balap motor ini.

"Saat melintas di tikungan, kami memiliki sudut kemiringan 55 derajat sehingga ban tidak jauh lebih besar dari potongan 50p. Ini tingkat cengkeraman yang luar biasa dan semuanya didasarkan pada bahan kimia yang digunakan, bukan karet," ucap Bradley Smith.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez


"Jadi ada banyak ilmu yang terlibat. Bahkan dalam hujan, Anda dapat rata-rata 95 mph di trek. Ban harganya sekira 1.000 euro per pasang sehingga tidak murah,” tutur mantan pembalap Yamaha, yang kini jadi test rider KTM tersebut.
Berita Terkait
hitlog-analytic