Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Kaget dengan Borosnya Konsumsi Bensin Motor MotoGP

Johann Zarco mendorong motor hingga garis finis
Sumber :

100kpj – Balapan MotoGP bukan hanya sekedar mengandalkan kecepatan, namun kecerdikan si pembalap dalam mengatur strategi di lintasan. Salah satunya adalah mengatur konsumsi bahan bakar atau bensin di kuda besi yang ditungganginya, agar tak habis sebelum balapan usai.

Seperti dilansir situs resmi MotoGP, setiap motor hanya diperbolehkan diisi sebanyak 22 liter bensin sejak 2018. Ini berbeda dengan regulasi di bawah tahun 2017, ketika itu tangki bahan bakar motor MotoGP hanya bisa sanggup menampung 20 liter bahan bakar.

Dengan jumlah tersebut, maka pembalap dituntut untuk bisa secerdik mungkin mengatur konsumsi bahan bakar di motornya. Mogok karena kehabisan bensin pernah terjadi pada Johann Zarco di 2017 saat masih membela Yamaha Tech 3.

"Aku kehabisan bahan bakar 5 tikungan sebelum garis finish," kata Zarco usai balapan di MotoGP San Marino, seperti dikutip GPone. Saat itu, jarak total yang harus ditempuh para pembalap di sirkuit Misano adalah 114 km.

Jadi jika dihitung-hitung, konsumsi bahan bakar pada motor Zarco lebih dari 5,4 km/liter. Cukup boros bukan? Ini tak lepas dengan kapasitas mesin motor MotoGP sebesar 1000cc, dan dituntut untuk terus menarik gas agar kecepatan tetap terjaga.

Kini, balapan MotoGP Inggris akan berlangsung pada Minggu 25 Agustus 2019, di Sirkuit Silverstone berlangsung selama 20 lap, atau setara dengan 118 km. Jadi, bila motor diisi 22 liter, bensin yang akan habis adalah 5,3 km/liternya.

Berita Terkait
hitlog-analytic