Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

6 Fakta MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika yang Perlu Kamu Ketahui

Streetscape Mandalika
Sumber :

100kpj – Indonesia diproyeksikan sebagai tuan rumah MotoGP pada 2021 mendatang, dan balapan akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Ada fakta menarik apa saja dari sirkuit di Lombok Nusa Tenggara Barat itu? Yuk kita simak.

Dorna selaku promotor MotoGP dan WorldSBK memutuskan Indonesia bakal menjadi tuan rumah untuk dua ajang balapan motor bergengsi tersebut. Lintasan akan bergaya jalanan, sebab bila tak menggelar balapan akan menjadi jalan umum biasa.

Lintasan balap akan memiliki panjang 4,3 km dan terdiri dari 18 tikungan nantinya. Pembangunan rencananya bakal dimulai pada September mendatang, dan ditargetkan selesai pada 2020.

Sirkut Mandalika sendiri sudah mendapat persetujuan dari Federasi Motor Internasional (FIM) dan dinyatakan aman. Sembari menunggu sirkuit jadi, kita simak beberapa fakta menarik dari Mandalika dan MotoGP Indonesia.

1. MotoGP Pertama di Indonesia
Ini pertama kalinya Indonesia menggelar MotoGP, sejak terakhir kali pada 1997 atau 22 tahun lalu di Sirkuit Sentul. Kala itu, MotoGP masih disebut dengan kelas 500cc. Valentino Rossi tampil sebagai pemenang kelas 125 cc, Max Biaggi di kelas 250cc, sedangkan kelas tertinggi dimenangi Tadayuki Okada asal Jepang.

Kawasan wisata Mandalika, Lombok.


2. Jalan Raya
MotoGP Indonesia jadi menarik karena Sirkuit Mandalika mengusung konsep sirkut jalan raya seperti halnya Formula 1 yang digelar di Monako dan Singapura.

3. Desain Sirkuit Mandalika
Sirkut Mandalika hanya memiliki satu lintasan lurus, sisanya 18 tikungan. Sirkut Mandalika akan dibangun area paddock dengan 40 garasi untuk tim-tim peserta. Akan tersedia 93.200 tempat duduk bagi penonton.

Selain itu, adapun 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton.


4. Biaya Pembangunan Sirkuit
Berita Terkait
hitlog-analytic