Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Perputaran Uang di MotoGP Mandalika Mencapai Rp914 Miliar

Suasana Pit walk MotoGP Mandalika 2023
Sumber :

100kpj –  MotoGP Mandalika telah sukses digelar pada 13-15 Oktober 2023 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengklaim perputaran uang pada gelaran MotoGP mencapai Rp914 miliar.

Namun perlu dicatat bahwa angka tersebut ada hasil perhitungan sementara dan mungkin saja mengalami perubahan lagi. Catatan impresif tersebut disampaikan Dessy Ruhati selaku Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf pada program The Weekly Brief with Sandiaga Uno di Jakarta.

"Estimasi perputaran uang, penjualan tiket MotoGP dan pengeluaran dari penonton atau wisatawan yang hadir adalah sebesar Rp 914 miliar, yang merupakan hasil sementara karena proses penghitungan masih berlangsung hingga sekarang," ujar Dessy Ruhati, dikutip 100KPJ dari Antara, Rabu 18 Oktober 2023.

Suasana Pit walk MotoGP Mandalika 2023

Jika dirinci, Dessy mengatakan penjualan tiket MotoGP meraup Rp73 miliar. Lalu pengeluaran (spending) wisatawan yang datang mencapai Rp841 miliar.

Sementara pengeluaran pengunjung diklaim berkisar Rp5-19 jutaan per hari.  Banyaknya jumlah pengunjung membawa berkah bagi UMKM, hingga meningkat 36,54 persen.

"Pelaku usaha setuju untuk kembali mengikuti perhelatan ini di masa depan. Para pelaku usaha menyatakan bahwa MotoGP memberikan dampak yang baik bagi peningkatan omzet usaha," ucapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic