Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sekali Balapan, Keringat Pembalap MotoGP Capai 2 Liter

Balapan MotoGP.
Sumber :

100kpj – Balapan MotoGP menjadi salah satu olahraga yang cukup berat untuk dilakukan. Kondisi fisik benar-benar harus prima, karena MotoGP bukan hanya soal mengadu kecepatan dalam memacu motor saja.

Pembalap akan menunggangi motor dengan kapasitas mesin 1000cc, yang mana bisa memacu kecepatan hingga 350km/jam. Maka itu, perlindungan menjadi hal penting, nah salah satunya adalah baju balap.

Baju balap yang terbuat dari kulit kangguru tersebut sangat berat, dan si pembalap harus melakoni balapan hingga 20 lap ke atas. Terbayang, bagaimana letihnya.

Seperti dilansir BT Sports, motor yang dikendarai Marc Marquez cs bisa mencapai berat 160 kg. Belum lagi pembalap juga harus dihadapkan dengan cuaca yang panas.



Bahkan, keringat yang keluar dari pembalap bisa mencapai 2 liter, dan berat badan berkurang hingga 4 kg. Maka itu, selalu ada tempat minum di bagian belakang baju balap yang disambung lewat sedotan di helm.

Kehilangan berat badan sebanyak 4 kg juga terjadi pada pembalap Formula 1, dan keringat hingga 3 liter. Sebab, harus bisa menahan tekanan G-Force dengan luar biasa ketika membalap di bawah temperatur yang sangat tinggi.

G-Force  adalah istilah yang dipakai untuk menerangkan dampak gaya gravitasi bumi yang dialami pembalap F1. Biasanya, seorang pembalap menerima G-Force hingga maksimal 4-5 G.
Berita Terkait
hitlog-analytic