Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

IRC Siapkan Ban Balap yang Sudah Uji Coba di Suzuka

Dua rider Jepang saat menjajal Sirkuit Sentul.
Sumber :

100kpj – Demi memenuhi permintaan para pecinta adu kebut di Tanah Air, PT Gajah Tunggal Tbk sebagai agen pemegang merek ban IRC siap merilis ban terbarunya yang dikhususkan untuk balap motor sport 250cc dalam waktu dekat.

“Bulan depan kami akan launching dua produk baru IRC, ban balap dan ban harian. Untuk ban balap sudah 100 persen,” ujar Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, Dodi Yanto.

Sebelum dirilis, si karet bundar tersebut sudah melewati berbagai macam uji coba, yang dilakukan di luar negeri. Seperti di Sirkuit International Suzuka, Jepang dan Sirkuit International Chang Buriram, Thailand.

 “Ban balap radial ini sudah kami test di Suzuka dan Buriram lolos. Karena kondisi aspal di sana mulus, tapi ketika pengetesan di Sentul berbeda jadinya,” tuturnya.

Maka hasil pengetesan di Sirkuti Sentul, Bogor tersebut yang menjadi patokan IRC. Mengingat ban yang namanya masih dirahasiakan itu akan di pasarkan di dalam negeri, maka harus ada penyesuaian ulang yang dilakukan.

“Dia (pengujinya) dapat hasil berbeda, jadi antara komponen ban depan dan belakang bahannya akan dibuat berbeda. Untuk detilnya nanti saat launching,” sambungnya.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, ban khusus balap tersebut rencananya akan diluncurkan saat Endurance Yamaha. Di dalam ajang balap itu akan menjadi pembuktian daya tahannya, dalam waktu dua jam di Endurance perhitungannya kira-kira 60 lap.

Untuk penempatan harga, menurutnya ban balap IRC itu akan lebih murah dari Pirelli dan bersaindingan dengan Dunlop. Sementara ban untuk penggunaan harian akan tersedia ukuran ring 14 dan ring 17, yang akan dirilis di Proving Ground Gajah Tunggal.

Berita Terkait
hitlog-analytic