Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

MotoGP Mandalika akan Gelar Sprint Race Pertama Kali, Apa Saja Persiapannya?

Sirkuit Mandalika.
Sumber :

100kpj – Pada gelaran MotoGP Mandalika 2023 bakal berbeda dengan tahun lalu, di mana akan menggelar sesi Sprint Race. Bagaimana persiapan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk format baru ini?

Di musim ini, MotoGP menggelar sesi sprint race pada hari Sabtu atau sehari sebelum sesi balapan. Durasi balapan Sprint Race adalah 50 persen dari jumlah lap yang diperlombakan pada balapan MotoGP di seri tersebut.

Nantinya, pemenang sprint race akan mendapatkan tambahan 12 poin. Sementara, peringkat kedua akan mendapat sembilan poin dan posisi ketiga akan meraih tujuh poin dan seterusnya hingga posisi sembilan.

Dengan begitu, MotoGP Mandalika juga akan menggelar sprint race pada Sabtu 14 Oktober 2023. Direktur MGPA, Priandhi Satria, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan adaptasi dari Dorna terkait sprint race.

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin

"Terdapat adaptasi khusus untuk sprint race dan satu hal yang baru kita pelajari adalah podium ceremony-nya yang dilakukan di trek," ujar Priandhi, dikutip dari Antaranews, Rabu 4 Oktober 2023.

Pria yang akrab disapa Andhi ini, mengungkapkan bahwa pihaknya sebelumnya merencanakan untuk melakukan perayaan podium sprint race di panggung utama. Namun, Dorna menolaknya dan memintah di tempat terpisah karena format balapannya dinilai berbeda.

Berita Terkait
hitlog-analytic