Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Sempat Ingin Pertahankan Franco Morbidelli Sebelum Akhirnya Pisah

Pembalap Monster Yamaha, Franco Morbidelli
Sumber :

100kpj – Franco Morbidelli akan meninggalkan Yamaha di akhir musim MotoGP 2023 ini, menyusul tak adanya perpanjangan kontrak. Pabrikan asal Jepang itu mengaku berat berpisah dengan Morbidelli, hingga sempat untuk lanjutkan kerja sama.

Yamaha memastikan pisah dengan Morbidelli pada 2 Agustus 2023. Juara dunia Moto2 2017 tersebut posisinya akan digantikan oleh Alex Rins di MotoGP 2024 yang saat di musim ini masih membalap untuk LCR Honda.

Morbidelli sendiri masuk ke tim Monster Yamaha pada pertengahan 2021, menggantikan Maverick Vinales. Setelah sebelumnya membela tim satelit Petronas Yamaha SRT sejak 2019.

Sayangnya, performa Morbidelli tak kunjung membaik bersama Yamaha. Saat ini Franco Morbidelli berada di posisi 11 pada klasemen sementara dengan raihan 57 poin.

Pembalap asal Italia tersebut sama sekali belum pernah mencicipi podium kemenangan di paruh pertama musim ini. Capaian terbaiknya sejauh ini adalah finis di posisi keempat pada MotoGP Argentina.

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengakui pihaknya sempat ingin mempertahankan Morbidelli. Akan tetapi, perpisahan ini dinilai lebih baik bagi kedua pihak untuk sama-sama berkembang lagi.

"Sangat disayangkan dalam dua tahun terakhir tidak sesuai dengan yang kami inginkan dan harapkan. Kami mendiskusikan soal kelanjutan dari kerja sama kami, tapi pada akhirnya kami memutuskan bahwa 2024 menjadi momen perubahan bagi Yamaha dan juga Franky," ujar Lin Jarvis dalam keterangan resminya.

Berita Terkait
hitlog-analytic