Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ada Aturan Baru Lagi di MotoGP 2023 yang Bakal Dimulai di Inggris, Apa Itu?

Balapan motogp Mandalika
Sumber :

100kpj – MotoGP 2023 menerapkan aturan baru lagi dan akan diberlakukan pada MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 6 Agutsus mendatang. Aturan baru tersebut membuat latihan bebas menjadi lebih ringkas.

Seperti dilansir dari situs resmi MotoGP, Selasa 18 Juli 2023, FIM menetapkan latihan bebas (free practice) akan menjadi lebih singkat. Jika biasanya latihan bebas pertama (FP1) dan latihan bebas kedua (FP2) digelar di hari yang sama, kini bakal dipisah.

Dorna selaku penyelenggara MotoGP menetepakan pada hari Jumat bakal dimulai sesi FP1 dengan durasi 45 menit. Sesi tersebut digelar sejak pagi hari.

Nah, siang harinya para pembalap akan melakoni sesi Practice atau Latihan dengan waktu 60 menit. Menariknya, latihan tersebut akan menjadi tolok ukur bagi para pembalap MotoGP untuk lolos otomatis ke sesi kualifikasi ke-2 (Q2).

Sedangkan untuk latihan bebas kedua yang biasanya digelar Jumat siang, beralih ke Sabtu pagi dan hanya berlangsung selama 30 menit saja. Padahal, sebelumnya FP2 kedua ini dihelat selama 60 menit.

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Masih di hari yang sama, usai latihan bebas kedua dilanjut dengan sesi kualifikasi pertama dan kedua, di mana masing-masing berlangsung selama 15 menit. Lalu, sesi sprint race seperti biasanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic