Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

MotoGP Kirim Sinyal Beri Konsesi Yamaha dan Honda Agar Lebih Kompetitif, Apa Maksudnya?

Fabio Quartararo
Sumber :

100kpj – MotoGP melalui Dorna memberikan konfirmasi terkait isu akan memberikan status konsesi pada Yamaha dan Honda. Ini demi meningkatkan performa kedua tim yang di musim ini cukup tampil buruk.

Dorna ingin memberikan status konsesi pada dua pabrikan asal Jepang tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur olahraga MotoGP Carlos Ezpeleta pada Radio Catalunya.

“Kami berupaya untuk bisa membantu, tidak hanya Honda, tapi juga Yamaha, agar mereka bisa kompetitif lagi dengan cara yang lebih cepat. Honda dan Yamaha sangat perhatian dengan aturan konsesi di masa lalu," kata Ezpeleta, dilansir dari The Race, Kamis 29 Juni 2023.

“Dan itu sangat penting bagi Ducati untuk menjadi kompetitif dan juga bagi Suzuki untuk menjadi sangat cepat, dan bagi KTM dan Aprilia untuk secara resmi memasuki kejuaraan dunia dan menjadi kompetitif juga. Produsen lain juga akan memahami posisi resmi Dorna bahwa sistem konsesi harus diperbarui," lanjutnya.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez

Seperti diketahui, konsesi sudah lumayan lama ada di MotoGP. Di mana, pabrikan yang berhak mendapatkan konsesi yaitu adalah pembalap besutannya tak bisa naik podium selama satu musim penuh.

Mengutip dari Crash, tim akan mendapat sejumlah hak meliputi, pengembangan mesin sepanjang musim, jatah unit mesin yang lebih banyak, dan kebebasan menggelar tes tertutup. Hak itu akan ditutup jika, pabrikan bisa mengemas enam poin sepanjang musim.

Berita Terkait
hitlog-analytic