Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor MotoGP Yamaha YZR-M1 Pakai Sayap Belakang seperti Mobil F1, Gimana Efeknya?

Sayap belakang di motor Yamaha YZR-M1  MotoGP
Sumber :

100kpj –  Yamaha melakukan eksperimen pada motor YZR-M1 dalam tes pramusim MotoGP 2023. Di mana, motor tunggangan Fabio Quartararo tersebut dipakaikan sayap belakang di bagian jok belakang, yang bentuknya seperti sayap pada mobil-mobil balap Formula One (F1).

Dalam foto dibagikan oleh situs resmi MotoGP, motor YZR-M1 sempat memakai sayap tersebut pada hari terakhir tes pramusim di Sirkuit Portimao, Portugal, akhir pekan lalu. Quartararo berhasil melakukan peningkatan satu putaran yang sangat besar dibanding hari sebelumnya, 1,3 detik lebih cepat.

Akan tetapi, pembalap Spanyol tersebut menilai sayap tersebut tak memberikan efek yang besar pada motornya, hingga tak berniat untuk memakainya. "Maksud saya, itu tidak lebih buruk atau lebih baik, tetapi saya tidak berpikir kita akan menggunakannya," kata Quartararo, Senin 13 Maret 2023.

"Sebuah langkah besar, saya tidak menduga perangkat ini bisa menambah pengaruh yang cukup besar. Hanya saja bentuknya saya harapkan bisa ada perubahan karena saya dan tim mekanik tidak menyukainya, meski bisa memberikan hasil signifikan," lanjutnya, dikutip dari Crash.

Pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli

Sementara itu, manajer tim Yamaha Massimo Meregalli menjelaskan bila ada dua desain sayap belakang yang dicoba pada tes di Portugal yaitu Stegosaurus dan konsep baru bergaya F1.

Untuk desain terakhir, menurutnya berfungsi untuk membuat motor lebih mudah dalam berbelok, tapi dia pastikan sayap itu takkan dipakaikan dalam waktu dekat.

Berita Terkait
hitlog-analytic