Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Eksperimen Geber Motor Honda Tanpa Winglet, Ini yang Dirasakan Marquez

Marc Marquez tes motor tanpa winglet
Sumber :

100kpj – Marc Marquez melakukan eksperimen pada tes pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang Malaysia, belum lama ini. Honda mencopot winglet pada motor RC231V milik Marquez dan melakukan beberapa putaran.

Sebenarnya, ide mencopot winglet tersebut dilakukan dadakan oleh Team Manager Repsol Honda, Ken Kawauchi. Disinyalir dirinya, ingin mengetahui kecepatan dari motor Honda saat dicopot winglet dalam lintasan lurus.

"Tidak, tidak, tentu saja bukan ide saya untuk mencopot winglet," buka Marquez dikutip dari Speedweek. "Mereka berkata kepada saya: 'Sekarang kamu harus mencoba ini.' Sebenarnya, sudah waktunya memasang ban baru," ujar Marquez.

"Tapi tiba-tiba saya harus berkendara tanpa winglet. Saya berkata, 'Berapa putaran yang harus saya lakukan dengan ini?' 'Hanya dua,' adalah jawabannya. Saya melakukan itu dan kemudian memberi komentar," lanjutnya.

Sayangnya, Marquez bukan meraih kecepatan yang diharapkan tapi malah merasakan kesulitan. Menurut pembalap asal Spanyol tersebut, motor menjadi lebih liar dan cukup menguras fisik dirinya.

Marc Marquez test Misano

"Keseimbangan berubah sepenuhnya. Motornya jadi lebih menguras fisik, semua sisinya bergerak (bergetar), tapi itu akan berguna bagi. Ini adalah tes yang paling mencolok, tapi kami telah melakukan banyak tes lain yang kurang terekspos akhir-akhir ini," katanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic