Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Bantah Terpuruk karena Ditinggal Lorenzo

Jorge Lorenzo ketika masih bersama Yamaha.
Sumber :

100kpj – Yamaha tengah menjalani musim yang kurang bagus dalam beberapa tahun terakhir, tim pabrikan asal Jepang ini sulit bersaing dengan Ducati dan Honda. Keterpurukan ini terjadi usai mereka ditinggal pergi oleh Jorge Lorenzo.

Lorenzo merupakan pembalap Yamaha terakhir yang meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2015. Pembalap asal Spanyol itu memenangi pertarungan sengit dengan Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Usai juara, Lorenzo konsisten di musim berikutnya dengan memberikan kemenangan bagi Yamaha dengan empat naik di podium tertinggi. Hingga akhirnya pada 2017, Lorenzo menyeberang ke pabrikan Italia, Ducati untuk dua musim.

Yamaha hanya mampu memenangi enam balapan saja sampai pertengahan musim 2019 usai ditinggal Lorenzo. Bahkan, Yamaha sempat puasa kemenangan selama 25 balapan, sebelum diakhiri oleh Maverick Vinales yang menjuarai MotoGP Australia tahun lalu.

Manajer tim Yamaha, Lin Jarvis, menegaskan Lorenzo bukanlah penyebab timnya terpuruk. Tapi, dia sadar Yamaha memang harus mengejar ketertinggalan, dan sejauh ini masalahnya memang dalam hal komponen elektronik.

"Anda bisa mengatakan bahwa kami kesulitan ketika Lorenzo meninggalkan kami, tapi hal itu bukan karena dia meninggalkan kami. Apa yang sebetulnya menyakiti kami adalah perkenalan dari komponen elektronik yang terintegrasi," kata Jarvis dilansir Motorsport..

Berita Terkait
hitlog-analytic